Kamis, 17 Mei 2012

Dioda


Dioda adalah komponen elektronika yang terbuat dari bahan semikonduktor. Dioda berfungsi mengalirkan arus listrik dalam satu arah saja. Saat ini dioda yang banyak digunakan ialah yang terbuat dari bahan semikonduktor. Dioda semikonduktor memilki bentuk fisik lebih kecil dari resistor. Dioda biasanya terbuat dari bahan semikonduktor jenis germanium dan silicon. Dioda adalah konduktor yang memiliki dua kaki, yaitu anoda dan katoda .



Aplikasi Dioda
Diantara kegunaan dari dioda ialah diodan bisa diaplikasikan untuk :
1. Sebagai penyearah setengah gelombang
2. Sebagai penyearah gelombang penuh
3. Penyearah (Rectifier)
4. Pemotong (Clipper) atau pembatas (Limtter)
5. Penggenggam (Clamper)
6. Detektor Puncak (Peak Detector)
Dioda memiliki karakteristik, dianataranya ialah :




Penjelasan :
• Forward Bias (Bias Maju)
Suatu keadaan yang dioda tersebut dapat mengalirkan arus listrik dari sisi P (kaki anoda) ke sisi N (kaki katoda) tanpa adanya suatu hambatan.
Dalam hal tersebut dioda bisa dianggap sebagai saklar tertutup.





• Reverse Bias (Bias Mundur)
Suatu keadaan yang dioda tersebut tidak akan terjadi perpindahan elektron atau aliran hole dari P ke N maupun sebaliknya, dikarenakan baik hole dan elektron masing-masing tertarik ke arah kutub berlawanan sehingga menyebabkan lapisan deplesi (depletion layer) semakin besar dan menghalangi terjadinya arus.
Pada keadaan tersebut dioda bisa dianggap sebaga saklar terbuka.





• Tegangan Breakdown
Suatu keadaan dimana dioda tidak dapat menahan aliran elektron dilapisan deplesi yang disebabkan karena reverse bias pada dioda yang tidak dapat mengalirkan arus pada tegangan puluhan sampai ratusan volt.

• Tegangan Knee
Tegangan pada saat arus mulai membesar dengan cepat dikarenakan forward bias pada dioda yang dapat mengalirkan arus dengan mudah. Apabila tegangan dioda lebih besar dari tegengan knee maka dioda akan menghantar dengan mudah dan sebalaiknya bila tegangan dioda lebih kecil maka dioda tidak menghantar dengan baik. Tegangan dioda pada silikon diatas 0,7 volt dan pada bahan germanium diatas 0,3 volt


Jenis-jenis Dioda :
1) Dioda Penyearah
Dioda penyearah adalah dioda yang digunakan untuk menyearahkan arus AC menjadi DC pada adaptor.




2) Dioda Zener
Dioda Zener adalah dioda yang digunakan untuk menstabilkan tegangan. Dioda ini biasanya digunakan pada bagian stabilisator sumber tegangan.




3) Dioda LED (Light Emitting Diode)
LED adalah dioda yang dapat mengelurakan cahaya. Dioda ini dapat digunakan sebagai indikator dan juga dapat dibuat sebagai Display angka pada jam elektronik atau pada Kalkulator elektronik.




0 komentar: