Kamis, 17 Mei 2012

Jenis-Jenis Kapasitor


Kapasitor memiliki beberapa jenis diantaranya ialah
:

Kapasitor non polar :
Kapasitor nonpolar merupakan jenis kapasitor yang memiliki kapasitas yang tetap, kapasitor ini memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar. (biasanya dalam satuan nF dan pF).
Kapasitor jenis ini biasanya terbuat dari bahan kertas, mica, keramik, mylar dan lain sebagainya.
Pada umumnya nilai kapasitas dari sebuah kapasitor nonpolar digambarkan dengan kode angka. kode dua angka dan tiga angka)

Angka pertama dan kedua menunjukkan nilai angka dengan satuan pF.
Contoh: pada gambar tertulis 47 artinya adalah kapasitor tersebut memiliki nilai kapasitansi sebesar 47pF



pada kapasitor dengan kode tiga angka, maka angka pertama dan ke-2 menunjukkan nominal angka dan angka ke-3 menunjukkan faktor pengali.
Faktor pengali dalam satuan piko Farad (pF)
Contoh:
nilai kapasitor tersebut adalah 10 x 101 = 100pF


kapasitor ini memiliki polaritas pada kedua kakinya yaitu polaritas positif (+) dan polaritas negatif (-) dan termasuk dalam kelompok kapasitor yang memiliki nilai kapasitas yang tetap dan memiliki nilai kapasitas yang besar (biasanya uF). Untuk pemberian nilai kapasitas pada kapasitor elektrolit ditulis secara langsung lengkap dengan satuan dan tegangan maksimum, serta simbol polaritas-nya. Kaki yang memiliki polaritas negatif berdekatan dengan tanda garis vertikal pada bodi kapasitor, atau kaki yang berpolaritas positif memiliki ukuran yang lebih panjang daripada kaki yang berpolaritas negatif.


Pada kapasitor yang berukuran besar, nilai kapasitansi umumnya ditulis dengan angka yang jelas serta lengkap dengan nilai tegangan maksimum dan polaritasnya. Misalnya pada kapasitor elco dengan jelas tertulis kapasitansinya sebesar 22µF/400V.
Maksudnya kapasitansi/kapasitor tersebut mempunyai nilai 22uF dengan tegangankerja maksimum yang diperbolehkan adalan 400V

Kapasitor variabel adalah kapasitor yang nilai kapasitas-nya dapat diubah-ubah sesuai keinginan. Jenis kapasitor ini nilainya (kapasitansi) dapat diubah-ubah, layaknya potensiometer, biasanya dipakai untuk penala radio atau kapasitor trimmer untuk pemancar radio (tunning capasitor dan trimmer capasitor)




0 komentar: